Subscribe Us

Header Ads

Sejarah singkat komputer dari generasi ke generasi

Assalamualaikum wr.wb
A.Pendahuluan.
Haiii teman-teman...semua kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang sejarah komputer dari generasi ke generasi,okee tidak usah berlma-lama mari kita cari tahu.

B.latar belakang.
Pasti kalian sudah tau "komputer" bukan?? tapi kalian semua belum tentu tahu sejarah komputer dari generasi ke generasi.

C.pengertian.
komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data,komputer didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang bekerja sama antara kmponen satu dengan lainnya untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program yang dan datayang ada.
 
D.maksud dan tujuan.
Agar mengerti sejarah komputer sejarah komputer dari generasi ke generasi dan tidak mengerti komputersaja tidak mengerti komputernya tidak mengerti sejarahnya komputer tersebut. 

E.pembahasan.
>Generasi pertama (1945-1955).

Dengan terjadinya perang dunia kedua,negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer,pada tahun 1941,konrad zuse,seorang insinyr jerman membangun sebuah komputer ,Z3 untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
>Generasi kedua (1959-1964).
pada tahun 1948,penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangann komputer.transistor mulai dipergunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan
>Generasi ketiga (1964-1970).
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer.
>Generasi keempat (1970-2016).
Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap peranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.
>generasi kelima (saat ini).

definisi komputer generasi kelima menjadi cukup sulit,banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer di generasi kelima ini.

F.kesimpulan.
mengerti sejarah komputer dari generasi ke generasi.

G.referensi.
 https://id.wikipedia.org/

H. penutup.
terima kasih
Wassalamualaikum wr.wb

Posting Komentar

0 Komentar