Subscribe Us

Header Ads

Cara Membuat Database di phpMyAdmin || XAMPP


Asslamualaikum wr.wb

Hai teman-teman ,Tabik pun......  apa kabar semua kembali lagi di reza blog kali ini saya akan membagikan informasi tentang membuat database di phpMyAdmin kalo belum tahu ayo cari tahu biar tambah tahu...

A.latar belakang.
phpMyAdmin adalah suatu perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui website Jejaring Jagat Jembar (World Wide Web) . phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perizinan (permissions), dan lain-lain).

Dan apa itu database??  Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut


B.Pembahasan.

1. pertama kalian masuk ke php my admin di XAMPP,ketik di browser alamat localhost/phpmyadmin pasti akan muncul seperti berikut ini :





2. Pada menu database,silahkan masukan nama database yang di inginkan,kemudian klik create.



3. selanjutnya menambahkan nama user yang baru saja kita buat.silahkan masuk ke database yang sudah di buat,anda bisa menemukannya di sebelah kiri atas,begitu masuk lihat menu privlleges,kemuadian klik add user.




4. Setelah anda klik Add user maka akan muncul from pembuatan user baru.isikan username, anda bisa mengisikan dengan nama apapun yang anda apapun yang anda inginkan.kemudian isikan juga host ,gunakan use text flied saja,lalu isikan dengan localhost. selanjutnya isikan password 2 kali dan harus sama. dan terakhir,ceklis grant all privlleges on database.







5. lalu scroll kebawah,dan anda akan menemukan opsi Global privlleges guna memberikan hak akses kepada user untuk mengelola semua database,klik Check All.setelah itu ,klik tombol Add User. 


6. selesai.

C.kesimpulan.
 Secara default,aplikasi XAMPP mempunyai default user bernama "root" dan tanpa password .jika kita hendak menggunakan user tersebut juga tidak masalah.namun da baiknya mengguankan useer sendiri.

D.referensi.
https://www.rumahweb.com/journal/membuat-database-di-xampp/.

Sekian yang bisa saya sharingkan semiga dapat bermannfaat bagi kalian,maaf kalo ada penulisan yang salah trimakasih.

Wassalamualaikum wr.wb

Posting Komentar

0 Komentar