Subscribe Us

Header Ads

Pengenalan tentang android studio..


Assalamualaikum wr.wb

Tabik pun......  apa kabar semua saya akan membagikan informasi tentang pengenalan sedikit tentang android studio,sudah tahu belum tentang android studio kalo belum tahu ayo cari tahu biar tambah tahu...
APA ITU ANDROID STUDIO??



Android Studio adalah Integrated Development Enviroment (IDE) untuk sistem operasi Android, yang dibangung diatas perangkat lunak JetBrains IntelliJ IDEA dan didesain khusus untuk pengembangan Android. IDE ini merupakan pengganti dari Eclipse Android Development Tools (ADT) yang sebelumnya merupakan IDE utama untuk pengembangan aplikasi android.

Sebagai pengembangan dari Eclipse, Android Studio mempunyai banyak fitur-fitur baru dibandingkan dengan Eclipse IDE. Berbeda dengan Eclipse yang menggunakan Ant, Android Studio menggunakan Gradle sebagai build environment. Fitur-fitur lainnya.
adalah sebagai berikut  :

  • Menggunakan Gradle-based build system yang fleksibel.
  • Bisa mem-build multiple APK .
  • Template support untuk Google Services dan berbagai macam tipe perangkat.
  • Layout editor yang lebih bagus.
  • Built-in support untuk Google Cloud Platform, sehingga mudah untuk integrasi dengan  Google Cloud Messaging dan App Engine.
  • Import library langsung dari Maven repository.
  • dan masih banyak lagi lainnya.

Jika dibandingkan dengan  Eclipse, Android Studio dari sisi build memang lebih baik dibandingkan Eclipse, karena Android Studio menggunakan Gradle. Ditambah lagi berbeda dengan Eclipse, kita tidak perlu lagi dipusingkan dengan dependencies package pada Android Studio. Satu hal tambahan lagi yang membuat Android Studio unggul adalah dukungan layout xml editor secara visual yang jauh lebih baik daripada Eclipse. Walaupun begitu, Android Studio saat ini masih dalam tahap beta dan belum mempunyai dukungan untuk NDK/Native Development Kit.

Sejarah Android studio.

Pada awalnya mulanya, Android Inc merupakan sebuah perusahaan software kecil yang didirikan pada bulan Oktober 2003 di Palo Alto, California, USA. Didirikan oleh beberapa senior di beberpa perusahaan yang berbasis IT & Communication, Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Menurut Rubin, Android Inc Didirikan untuk mewujudkan mobile device yang lebih peka terhadap lokasi dan preferensi pemilik. Dengan kata lain, Android Inc ingin mewujudkan mobile device yang lebih mengerti pemiliknya.

Konsep yang dimiliki Android Inc ternyata menggugah minat Google untuk memilikinya. Pada bulan Agustus 2005, Akhirnya Android Inc diakuisisi oleh Google Inc. seluruh sahamnya dibeli oleh Google. Banyak yang memperkirakan nilai pembelian Android Inch Oleh Google adalah sebesar USD 50 juta. saat itu banyak yang berspekulasi bahwa akuisisi ini adalah langkah awal yang dilakukan Google untuk masuk kepasar mobile phone.

Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White tetap di Android Inc yang dibeli Google, sehingga akhirnya mereka semua menjadi bagian dari raksasa Google dan sejarah Android. Saat itulah mereka mulai menggunakan platform Linux untuk membuat sistem operasi bagi mobile phone.Maka dari situlah banyak pengembang sistem maupun software berlomba lomba untuk membuat atau merancang sistem Android menggunakan software – software yang support dengan Android, dan sebagai contoh disini kita pengenalan AndroidStudio.

Di atas alat editor dan pengembang hebat IntelliJ, Android Studio menawarkan lebih banyak fitur yang meningkatkan produktivitas Anda saat membangun aplikasi Android, seperti:

  • Sistem build berbasis Gradle yang fleksibel.
  • Emulator cepat dan kaya fitur.
  • Lingkungan terpadu yang dapat Anda kembangkan untuk semua perangkat Android.
  • Instan Berjalan untuk mendorong perubahan pada aplikasi yang sedang berjalan tanpa membangun APK baru.
  • Template kode dan integrasi GitHub untuk membantu Anda membuat fitur aplikasi umum dan kode contoh impor..
  • Alat pengujian ekstensif dan kerangka kerja.
  • Alat lint untuk menangkap kinerja, kegunaan, kompatibilitas versi, dan masalah lainnya..
  • Dukungan C ++ dan NDK.
  • Dukungan terintegrasi untuk Google Cloud Platform, sehingga mudah mengintegrasikan Google Cloud Messaging dan App EngineHalaman ini.

memberikan pengenalan fitur dasar Android Studio. Untuk ringkasan perubahan terbaru, lihat Android Studio Release.

Struktur Proyek
Setiap proyek di Android Studio berisi satu atau lebih modul dengan file kode sumber dan file sumber daya. Jenis modul meliputi:

  • Modul aplikasi Android.
  • Modul perpustakaan.
  • Modul Google App EngineSecara default.

Android Studio menampilkan file proyek Anda dalam tampilan proyek Android, seperti yang ditunjukkan pada gambar 1. Tampilan ini disusun oleh modul untuk menyediakan akses cepat ke file sumber utama proyek Anda.Semua file build terlihat di tingkat atas di bawah Gradle Scripts dan setiap modul aplikasi berisi folder berikut:

  • Bermanifestasi: Berisi file AndroidManifest.xml.
  • java: Berisi file kode sumber Java, termasuk kode uji JUnit.
  • res: Berisi semua sumber daya non-kode, seperti tata letak XML, string UI, dan gambar bitmap.

Struktur proyek Android pada disk berbeda dari representasi yang rata ini. Untuk melihat struktur file proyek yang sebenarnya, pilih Project from the Project dropdown (pada gambar 1, ini menunjukkan Android).

Anda juga dapat menyesuaikan tampilan file proyek agar fokus pada aspek spesifik pengembangan aplikasi Anda. Misalnya, memilih tampilan Masalah dari proyek Anda yang menampilkan tautan ke file sumber yang berisi kesalahan pengkodean dan sintaks yang dikenali, seperti tag penutup elemen XML yang hilang dalam file tata letak.

  • Bilah alat memungkinkan Anda melakukan berbagai tindakan, termasuk menjalankan aplikasi dan meluncurkan alat Android.
  • Bilah navigasi membantu Anda menavigasi proyek Anda dan membuka file untuk diedit. Ini memberikan tampilan struktur yang lebih kompak yang terlihat di jendela Project.
  • Jendela editor adalah tempat Anda membuat dan memodifikasi kode. Bergantung pada tipe file saat ini, editor bisa berubah. Misalnya, saat melihat file layout, editor menampilkan Layout Editor.
  • Tool window bar berjalan di sekitar bagian luar jendela IDE dan berisi tombol yang memungkinkan Anda untuk memperluas atau merobohkan jendela alat individual.
  • Jendela alat memberi Anda akses ke tugas-tugas tertentu seperti manajemen proyek, pencarian, kontrol versi, dan banyak lagi. Anda dapat memperluas mereka dan runtuh mereka.
  • Bilah status menampilkan status proyek Anda dan IDE itu sendiri, serta peringatan atau pesan apa pun.

Anda dapat mengatur jendela utama untuk memberi diri Anda lebih banyak ruang layar dengan menyembunyikan atau memindahkan bilah alat dan jendela alat. Anda juga dapat menggunakan cara pintas keyboard untuk mengakses sebagian besar fitur IDE.

Setiap saat, Anda dapat menelusuri seluruh kode sumber, database, tindakan, elemen antarmuka pengguna, dan seterusnya, dengan menekan dua kali tombol Shift, atau mengeklik kaca pembesar  di pojok kanan atas Android Studio. jendela. Ini bisa sangat berguna jika, misalnya, Anda mencoba menemukan tindakan IDE tertentu yang telah Anda lupa cara memicunya

Oke sekian penjelasan kali ini tentang android studio, bila ada kesalahan saya mohon maaf
semoga bermanfaat ...




wasalamualikum wr.wb

Posting Komentar

0 Komentar